Cinta Kasih Menurut Sarlito W. Sarwono


Oleh                  : Anugrah Dwi Setiyo
NPM / Kelas     : 11314444/1TA02

         Manusia diciptakan oleh Tuhan memiliki jiwa. Dengan adanya jiwa manusia dapat bersosialisasi dan berhubungan dengan orang lain. Manusia diciptakan oleh Tuhan uga diberikan hati. Hati berperan penting pada kehidupan manusia. Dengan adanya hati, manusia dapat saling mencintai dan mengasihi. Dengan adanyarasa cinta antara sesama manusia, kehidupan dalam dunia ini akan semakin lebih berwarna. Dengan adanya cinta pula yang membuat kita saling menghargai satu sama lain.

          Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwa Darminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan, dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.

        Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu: keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Berikut adalah gambaran dan penjelasan cinta tersebut : 


  Keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, kalau janji dengan dia harus ditepati.

  Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.

  Kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan seterusnya.
  
Daftar Pustaka :

Sarwono W Sarlito. Tanpa tahun. Segitiga Cinta. Majalah sarinah
(Diakses pada 11-05-2015, 18.30)
  
(Diakses pada 12-05-2015, 18.00)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes Kesehatan UG

Pentingnya Ilmu Budaya Dasar

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan